Translate

Thursday 26 December 2013

MMEGIBUNG dan MEBAT

         Di sini, di Bali , ada budaya yang unik , yang menuntut orang Bali untuk dapat memasak atau mampu melakukan jenis kegiatan yang menyangkut memasak , seperti memotong daging untuk digunakan sebagai bahan oleh pisau mereka di sebuah pesta dan upacara sakral . Suatu kehormatan akan diberikan kepada orang-orang Bali apakah mereka bisa membantu menyiapkan dan menyajikan makanan . Memang , ada nilai tambahan untuk laki-laki Bali jika mereka bisa memasak , meskipun mereka melayani hanya menu sederhana.
       Sebaliknya orang-orang Bali akan mendapatkan kata-kata menghina , namun mereka ahli dalam politik , wawasan , atau pengganggu yang memiliki ratusan sesama jika mereka tidak bisa memasak atau melayani bahkan bahan sederhana . Namun, pujian akan diperoleh bagi mereka yang sebaliknya dan judul sebagai " belawe " .         Mebat memasak aktivitas dengan menggunakan bahan-bahan khusus untuk upacara sakral atau biasa di Bali , di mana laki-laki Bali berkumpul untuk belajar dan mengajarkan cara memasak . Seorang pria yang berjudul sebagai belawe telah dianggap sudah berapa banyak uang yang akan dihabiskan untuk melakukan mebat sebelum acara dimulai . Babi , bebek , dan lain-lain biasanya hewan yang akan digunakan dalam mebat , sehingga hewan disebut sebagai " ebat " . Partai diatur dan ritual dimulai kemudian , di mana orang-orang Bali makan bersama dan duduk putaran sekelompok makanan , yang dinamakan sebagai megibug . Makanan itu sendiri digunakan dalam megibug disebut " Karangan " atau " selaan " . Ini adalah makanan , yang terdiri oleh lawar , sayur Blimbing , gegecok , ares , dan sate , yaitu irisan memotong daging melayani dengan tongkat . Jenis sate melayani di sini yaitu sate pusut , kablet asem , serapah , orob , dan lain-lain . Mebat biasanya mulai dilakukan satu hari sebelum pesta dimulai , karena ini membutuhkan lebih banyak waktu dan energi . Setiap " Karangan " membutuhkan sekitar lebih dari satu setengah kilogram daging . Jadi mereka akan membutuhkan seratus lima puluh kilogram daging untuk melayani pesta , yang akan dihadiri oleh lima ratus orang . Party dimulai dengan makan gibungan . Masing-masing " Karangan " dimakan oleh lima , enam sampai delapan orang . Ngebat dipegang oleh orang-orang di banjar skeha sekitarnya . Namun , kadang-kadang tidak apa-apa yang harus dilakukan dengan keluarga mereka di rumah dan laki-laki dalam keluarga akan bertindak sebagai belawe .

       Alih-alih upacara sakral , Megibug adalah tradisi budaya Bali , terutama bagi mereka yang menghuni di Kabupaten Karangasem dan Desa Tenganan . Megibug berarti makan bersama-sama , yang biasanya dilakukan setelah orang di sana selesai mempersiapkan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan upacara di Pura atau setelah Perang Pandan . Anak-anak diperbolehkan untuk mencoba makanan yang disajikan dan dewasa akan bergabung kemudian . Ritual megibug beragam di setiap tempat . Misalnya ketika ada peringatan satu Pura . Semua orang dari lokal ke asing diundang untuk mengikuti acara ini , selama mereka memakai pakaian suci Bali .

No comments:

Post a Comment